“Tidaklah seseorang dikatakan sebagai orang yang
termasuk pecinta dan pendengar setia Al-Qur’an Al-Karim, apabila ia tidak
mengenal ‘Imam Besar Masjid al-Haram’, atau tidak mengenal suaranya di antara
ratusan suara para imam yang ada… walaupun baik, indah dan istimewa suara
mereka….
Tidak lain karena bacaan Syaikh Su’ud
asy-Syuraim, memiliki khas tersendiri bagi kaum muslimin di timur ataupun
barat…. “
Beliau adalah termasuk salah satu imam, qori’ dan khatib Masjidil Haram yang populer lagi masyhur yang memiliki kedudukan tinggi dan didengar (nasihatnya) dikalangan masyarakat muslim. Kedudukan seperti itu merupakan kehormatan istimewa bagi imam-imam Masjidil Haram.
Beliau adalah termasuk salah satu imam, qori’ dan khatib Masjidil Haram yang populer lagi masyhur yang memiliki kedudukan tinggi dan didengar (nasihatnya) dikalangan masyarakat muslim. Kedudukan seperti itu merupakan kehormatan istimewa bagi imam-imam Masjidil Haram.
Kelahiran Beliau
Beliau adalah ‘Su’ud bin Ibrahim bin
Muhammad Alu Syuraim’ dari Qohthan, sebuah kabilah yang berada di kota Syaqraa’
di
daerah Najed, Saudi Arabia.
Beliau dilahirkan di kota Riyadh pada tahun 1386 H.
daerah Najed, Saudi Arabia.
Beliau dilahirkan di kota Riyadh pada tahun 1386 H.
Perjalanan Ilmiyah Beliau
Beliau belajar di Madrasah ‘Urain
ketika di tingkat ibtidaiyah, dan tingkat mutawasithah di Madrasah
An-Namudzajiyah, kemudian tingkat tsanawiyah di ‘Al-Yarmuk asy-Syamilah, dan
selesai dari Madrasah tersebut tahun 1404 H. kemudian melanjutkan di kuliah
Ushuluddin di Universitas Muhammad Ibnu Su’ud Al-Islamiyah di Riyadh jurusan
Aqidah dan al-Madzhab al-Mu’shirah, selesai tahun 1409 H. kemudian beliau
melanjutkan ke tingkat Megester tahun 1410 H. di Ma’had al-Ali lilQadha’
selesai tahun 1413 H.
Guru-Guru (Masyayikh) Beliau
Syaikh Su’ud Asy-Syuraim juga belajar
khusus (talaqqi) kepada para masyayikh terkemuka di halaqah-halaqah mereka,
diantaranya:
·
Syaikh al-Allamah Abdul ‘Aziz bin
Abdullah bin Baz rahimahullah, berbagai matan kitab ketika halaqah ba’da subuh
di masjid Jami’ Al-Kabir Riyadh.
·
Syaikh al-Allamah Abdullah bin
Abdurrahman bin Jibriin Hafizhahullah, dengan kitab Manarus Sabiil tentang
fiqh, Al-I’tisham karya Imam Asy-Syathibi, Lum’atul I’tiqad, karya Ibnu
Quddamah, kitab at-Tauhid karya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, dan Fiqh
al-Ahwaal asy-Syakhshiyyah di Ma’had ‘Ali lilQadhaa’ ketika beliau mengambil
magester.
·
Beliau juga membaca kitab ‘Hasyiah
ar-Raudh al-Murbi’ tentang fiqh madzhab Hambali, dan Tafsir Ibnu Katsir’
dihadapan Syaikh al-Faqiih Abdullah bin Abdul Aziz bin ‘Aqiil (agar beliau
menyimaknya)
·
Demikian pula beliau juga talaqqi
kepada Syaikh Abdurrahman al-Barrak, dengan kita Ath-Thahawiyah, dan
At-Tadmuriyah.
·
Kepada Syaikh Abdul Aziz ar-Rajihi,
tentang Syarh kitab Ath-Thahawiyah
·
Kepada Syaikh Fahd al-Humain, juga
tentang Syarh kitab Ath-Thahawiyah
·
Syaikh Abdullah al-Ghudyan (anggota
hai’ah kibaril ulama) tentang ‘al-Qawaid al-Fiqhiyah, kitab al-Furuuq, ketika
masih belajar di Ma’had ‘Ali lilQadaa’
·
Dan Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan
(anggota hai’ah kibaril ulama), tentang Fiqh albuyu’ (jual beli) ketika masih
belajar di Ma’had ‘Ali lilQadaa’.
Pintu yang Terbuka dan Lapang Dada
Sudah masyhur bahwa Syaikh Su’ud
Asy-Syuraim adalah seorang qori’ yang mutqin terhadap al-Qur’an al-Karim, yang
mana hal itu disaksikan oleh setiap yang shalat dibelakang beliau, beliau juga
dikenal sebagai orang yang betul-betul menuangkan seluruh waktunya ketika masih
muda hanya untuk menghafal dan menjaga al-Qur’an. Sampai-sampai beliau hafal
surat an-Nisaa’ ketika beliau menunggu dilampu merah.
Demikian pula siapa saja dapat menemui beliau dengan mudah untuk bertanya atau meminta fatwa darinya, yaitu dengan memasuki ruanganya di Masjidil Haram setelah shalat dzuhur. Maka akan didapati penyambutan beliau yang begitu lapang dada, penuh perhatian, dan jawaban yang menenangkan hati.
Demikian pula siapa saja dapat menemui beliau dengan mudah untuk bertanya atau meminta fatwa darinya, yaitu dengan memasuki ruanganya di Masjidil Haram setelah shalat dzuhur. Maka akan didapati penyambutan beliau yang begitu lapang dada, penuh perhatian, dan jawaban yang menenangkan hati.
Sekilas Tentang Beliau
Pada tahun 1412 H. datanglah intruksi
Khadimul Haramain yang menunjuk beliau sebagai imam, khatib di Masjidil Haram.
Dan pada tahun 1413 H. beliau ditunjuk
oleh Raja untuk menjabat sebagai Qodhi di al-Mahkamah al-Kubra di Makkah
al-Mukarramah.
Pada tahun 1416 H. beliau meluangkan
waktunya untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Ummul Qura untuk
jenjang Dukturah (Doktor), dan beliau mendapatkan nilai ‘Mumtaz’ (istimewa/
summacumlaude) dengan disertasi yang berjudul “Al-Masalik fi al-Manasik
Makhzduzdun fi al-Fiqh al-Muqarin lil Kirmani”… dan musyrif pada disertasinya
tersebut adalah Syaikh Abdul Aziz Alu asy-Syaikh Mufti ‘Aam Kerajaan Saudi
Arabia dan ketua Hai’ah Kibaril Ulama.
Dan pada tahun 1414 H. dikeluarkan
kesepakatan dengan menugaskan beliau untuk mengajar di Masjidil Haram.
Karya Beliau
Beliau memiliki banyak karya tulis
diantaranya :
·
Kaifiyah Tsubutin Nasab
·
Karamaatul Anbiyaa’
·
Al-Mahdi al-Muntazhar ‘Inda Ahlis
Sunnah Wal Jama’ah,
·
Al-Minhaaj Lil ‘Umrah wal Hajj,
·
Wamiidhun Min Al-Haram (Majmu’atu
Khuthab),
·
Khalish al-Jimaan Tahzdib Manasik
al-Hajj min Adhwaa’il Bayaan
·
Ushulul Fiqh Su’aal wa Jawaab,
·
At-Tuhfah al-Makkiyah Syarh Ha’inah Ibn
Abi Dawud al-‘Aqdiyyah
·
Dan Hasyiah ‘Ala Laamiyah Ibn
al-Qayyim.
Sumber : A’immatul Masjid al-Haram wa
Mu’adzdzinuuh, karya Abdullah Az-Zahraani & Alsofwah.or.id
0 comments:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.